Memilih Sepeda Ala Gw

Sepeda !!!
ini hal yang paling happening sekarang ini dan sering menjadi topik terhits didalam perbincanangan para kalangan millenial coret macam gw ini, Topiknya bisa mulai dari sepeda MTB, sepeda lipat, Roadbike, Gravel sampai sampai ke Topik Maling Sepeda juga menjadi trend gila beberapa bulan belakangan ini. Cuman biar gak bertele tele gw coba jabarin gimana caranya gw milih sepeda ala Gw.

Nah sebelum masuk ke tahapan selanjutnya, gw ini perlu meluruskan kalo gw ini adalah penggila sepeda semenjak awal awal ngantor di tahun 2007 an sampai sekarang. sepeda pertama Polygon astroz lalu dipretelin upgrade bongkar hingga menjadi Mosso XC, lalu pindah RB , angkut Seli (folding lipat 3) dst..dst..dst.. yang celakanya karena satu dan lain hal masing2 sepeda itu harus angkat kaki dari rumah gw semenjak akhir tahun 2019.

Oke, kita mulai. kalian semua pasti udah tau kan kalau Sepeda biasanya dibagi menjadi beberapa jenis :

  1. sepeda Lipat
  2. Sepeda roadbike
  3. Sepeda Gunung (MTB)
  4. Sepeda touring (gravel, Hybrid, dll)
  5. dan sepeda2 lain yang gak disebut ya .

Sedikit data gw :

  • Tinggal di tangerang selatan kerja di Jakarta
  • Karyawan 9 to 6
  • Hoby melihat pemandangan sambil ngobrol dan cekakakan..
  • stamina is average
  • tidak kurus dan bobot belum ideal

nah berdasarkan data gw, maka gw perlu menselaraskan data tersebut dan tujuan beli sepeda. karena dua hal itu tidak boleh kontradiktif. contoh, tujuan beli sepeda adalah biar bisa sepedahan tiap hari, ya gak bakalan mungkin. kan gw karyawan yang harus 9 to 6. Tau sendiri kan kalo dari Tangsel mau ke Jakarta butuh berapa jam supaya bisa masuk kantor tepat waktu. oleh karena itu, gw memutuskan tujuan gw adalah sebagai berikut :

  1. gw sepedahan untuk olahraga
  2. gw sepedahan untuk nyalurin hoby ngeliat alam
  3. gw sepedahan untuk tetap muda.

Dengan adanya tujuan gw itu, maka berikut list yang tereliminasinya

  1. sepeda Lipat : sepeda ini akan gw beli nanti klo tujuannya buat transportasi
  2. Sepeda roadbike : Sepeda ini bisanya dijalan raya, dan jalan raya sekarang rame banget. mustahil bisa maksimal di jalan raya
  3. Sepeda Gunung (MTB)
  4. Sepeda touring (gravel, Hybrid, dll)

Dengan tersisa 2 kandidat terkuat, maka ada sedikit penajaman yang gw lakukan di sisi objective beli sepeda. Bagaimana melakukan penajaman yang paling gampang menurut gw adalah trade off..

Cukup aja jawab 2 pertanyaan ini Apa yang bisa dilakukan MTB tapi tidak bisa dilakukan sepeda touring, dan apa yang bisa dilakukan sepeda touring tapi tidak bisa dilakukan MTB.

ternyata jawaban atas pertanyaan pertama itu cukup banyak, tapi yang bisa dijawab oleh pertanyaan kedua hampir gak ada. satu2nya yang ndak bisa dilakukan oleh MTB dengan gravel adalah ngebuuut dijalan mulus. which is sebenernya gravelan juga jarang di jalan mulus :).

Nah ini lah cara gw memilih MTB sebagai sepeda yang sekarang lagi gw pake secara overuse :). Karena indonesia ini indah guys, landscape dan cultural identifier nya bener bener unik. Jangan lupa untuk terus gowess ya

Tinggalkan komentar