Blogger dan UUITE

Baru saja membaca blog mas RomiSatria mengenai hasil diskusi blogger dan komunitas maya dengan pak nuh, saya mendapatkan beberapa hal menarik di komentar komentar pada blog pak romi satria, diantaranya adalah yang pro dan yang kontra.

Pertama kali UU – ITE di sebarkan oleh Muhammad Nuh selaku Menkominfo, saya langsung khawatir, pikiran saya langsung berkecamuk pada, “hak para blogger untuk memberikan informasi sedang terancam dong??, lalu apakah hukum UU ITE ini nantinya akan dijadikan ajang baru untuk pencarian dana bagi para praktisi praktisi hukum?, dan sejuta pikiran pesimistis lainnya”.

Namun sesuatu telah merubah pola pikir saya, justru adanya UU ITE ini malah memberikan keuntungan bagi para pembaca blog (seperti saya) dan para pembuat blog, diantaranya :

untuk pembaca blog :

  1. Pembaca akan lebih mempercayai informasi informasi yang didapatkan dari blog.
  2. Informasi yang diberikan oleh blog dapat dijadikan sebagai suatu acuan yang valid dan terbukti.

Untuk para blogger :

  1. Blog akan semakin disiplin dan bertanggung jawab dalam menjaga kontennya.
  2. ketika sebuah blog terjaga kontennya, maka kasta blog sebagai sumber informasi dapat terangkat secara otomatis.

Jadi, kedua-duanya diuntungkan kan? (itu baru dari sisi para blogger, saya belum menyentuh dari sisi yang lain lainnya)

Oh iya, seputar masalah film Fitna dan pemblokiran beberapa situs situs seperti Youtube, Multiply, Rapidshare, saya rasa pemerintah melakukan hal yang tepat. Memang harus ada sebuah kebijakan dari yang mengatur negara untuk juga mengatur kegiatan internet masyarakatnya.

Permasalahan yang paling sering diributkan dalam hal ini adalah, masa pemerintah ingin membunuh tikus dengan meriam??.

Namun dalam kasus fitna ini, ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah, yaitu pemerintah sudah memberikan surat/klarifikasi kepada pihak youtube yang akhirnya di respons oleh Youtube. Setelah mendapatkan jawaban yang menurut saya sangat grey tersebut, sangat wajar apabila pemerintah melakukan tindakan tindakan yang dianggap perlu untuk menjaga stabilitas dan keamanan rakyat indonesia.

Masih ingat beberapa bom yang pernah meledak di jakarta + bali ? sebuah kejadian yang di picu oleh serangan negri barat terhadap negri yang dianggap sarang komunis dan juga merupakan negri dengan penduduk mayoritas muslim.

Memang banyak dari rekan rekan sekalian yang sudah melek teknologi dan informasi, tapi jaooh lebih banyak lagi orang orang diluar sana yang bisa dengan mudah dipelintir dan diarahkan untuk berbuat sesuatu yang sangat tidak kita inginkan.

So, saya setuju dengan pendapat mas Romisatria, pemblokiran ini (secara tentative diputuskan akan berlangsung selama 10 hari) dapat dijadikan sebuah celah bisnis untuk konten konten lokal berkembang dengan cepat🙂.

Ayoo dukung UUITE….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: