Paspor One Day Service Jakarta Barat

Tulisan ini saya buat semata karena kesulitan kita orang Indonesia untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai proses wajib yang harus kita lakukan dalam menikmati perpanjangan paspor one day service.

Berawal dari tulisan ini http://news.detik.com/read/2013/02/20/120837/2174910/10/perpanjang-paspor-di-kantor-imigrasi-jakpus-kini-sehari-selesai?991101mainnews saya menguatkan tekad untuk mencobanya. karena kebetulan juga pasporku yang buatan 2008 itu sudah habis masa berlakunya dan harus diperpanjang.

saya coba ubek ubek seharian mencari link, bertanya dan bertanya, dimana pertanyaan standard saya adalah :
1. Bagaimana prosedure menikmati perpanjangan paspor satu hari ?
2. apakah kita harus daftar online ?
3. jenis paspor apa saja yang bisa digunakan ?
4. berapa biayanya ?

ke empat pertanyaan standard saya itu tidak terjawab di banyak link yang ada di internet, bahkan termasuk mencarinya melalui website kantor imigrasi jakartapusat, dan jakarta barat yang menjadi 2 tempat yang katanya tempat yang memberikan service one day service ini, yaitu http://jakartapusat.imigrasi.go.id/ dan http://jakartabarat.imigrasi.go.id/ .

akhirnya dengan nekat saya langsung saja pergi ke kantor imigrasi dengan membawa dokumen yang diperlukan yaitu :
1. paspor lama (asli dan fotokopi)
2. KTP (asli dan fotokopi)
3. KK (asli dan fotokopi)
4. Aktelahir (Asli dan fotokopi). kalau gak ada baru boleh ijazah dan surat nikah tentunya harus asli dan fotokopi nya dibawa.

Pastikan semua dokumen sudah langsung dibawah sehingga di kantor imigrasi tidak perlu lagi menunggu fotokopian buka.

PAgi hari setelah sholat shubuh saya berangkat dari Bintaro ke Kantor Imigrasi Jakarta BArat, dan sampai kira kira pukul 06.10. Ketika sampai kira kira sudah ada 3 orang yang mengantri kemudian tidak berapa lama kemudian datang 3 orang calo yang masing masing membawa lebih dari 10 MAP warna hijau khasnya imigrasi jakarta barat. Kira kira pukul 07.30, karwayan imigrasi sudah ada yang berdatangan dan kesempatan ini saya manfaatkan dengan meminta formulir kepada petugas yang datang (meskipun loket masih belum buka) dengan memohon mohon dan langsung mengantri sambil mengisi formulir tersebut.

Tepat pukul 08.10, akhirnya loketpun dibuka, dan saya sebagai orang pertama yang mengantri untuk melakukan validasi passport. di loket ini, pasport dan semua dokument tadi kita tunjukkan pada petugas loket, untuk selanjutnya apabila valid maka kita dipersilahkan untuk menuju ke pengambilan nomor antrian di mesin M-Kiosk nya. pada saat mengambil nomor antrian, saya cukup terkejut karena saya berada di nomor urut 17. Padahal saya adalah orang pertama yang berada di loket validasi. Keterkejutan saya akhirnya terjawab setelah melihat antrian sebelum saya adalah para pemohon passport yang melalui jalur CALO :).

kemudian setelah 30 menit berlalu dipanggillah saya ke loket pembayaran dan diminta untuk membayar 255.000 yang dilanjutkan ke proses wawancara dan foto. kira kira pukul 10.00 Seluruh proses telah selesai saya lalui, untuk kemudian saya diminta mengambil paspor yang sudah jadi pada pukul 15.00 WIB.
Selesai sudah :), sehingga dapat disimpulkan proses perpanjangan paspor dengan one day service adalah sebagai berikut :

1. Datang ke kantor imigrasi dan isi formulir perpanjangan/permohonan. (disarankan datang sepagi mungkin dan minta formulirnya sebelum loket buka)
2. Loket akan memberikan map hijau yang bertuliskan imigrasi jakarta barat.dan semua berkas akan kita masukkan disana
3. Ke mesin M-Kiosk dan masukkan nama kita untuk mendapatkan nomor antrian pembayaran/wawancara dan foto.
4. Tunggu panggilan pembayaran dilanjutkan dengan wawancara – tanda tangan dan foto.
5. Simpan tanda bukti bayar dan pengambilan untuk mengambil paspor nantinya. apabila ingin diambilkan orang lain maka minta formulir kuasa.

saran saya bagi yang ingin mengurus sendiri adalah :
1. Persiapkan semua dokumen sebelum sampai kantor imigrasi, sehingga kita tidak perlu memfotokopi ditempat
2. Usahakan meminta formulir perpanjangan sebelum loket buka, agar ada waktu untuk mengisinya. karena kalau tidak, maka CALO yang sudah punya formulir dan sudah diisi akan masuk mendahului kita.
3. bersikaplah smart pada saat ambil nomor antrian pembayaran, kalau perginya berdua usahakan satu orang ngantri di loket validasi, satu lagi di loket nomor antri agar cepat. (pengalaman orang2 yang via CALO akan langsung berada di antrian loket nomor antri, tanpa perlu validasi).

itu saja, selamat perpanjang passpor.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

